Hello There, Thanks For Your Visit, Take A Look Around, Enjoy Your Life From Here!! See You!!

Komodo Island

0 comments

Komodo
Komodo Island,  kerenkan  namanya???  ini adalah salah satu tempat yang pantas di jadikan tempat berwisata, indah alam dan flora fauna yang hidup didalamnya.
kini, pulau komodo, bagian dari Indonesia sedang mengikuti ajang 7 keajaiban didunia .
Kehadiran Taman Nasional Komodo yang menjadi salah satu nominator kompetisi voting populer “New 7 Wonder” saat ini cukup mengundang daya tarik. Kontroversi yang menyertai ajang tersebut tentu sama sekali tidak berpengaruh pada upaya-upaya intensif untuk terus menjaga kelestarian taman yang pada 1986 ditetapkan UNESCO sebagai situs warisan dunia.

Ini Lho Sejarahnya Pulau Komodo... 

Pada tahun 1901 Belanda menamai pulau di sisi selatan Provinsi Nusa Tenggara Timur ini dengan julukan Pulau Komodo. Cerita ini berawal dari Letnan Steyn va Hens Broek yang mencoba membuktikan laporan pasukan Belanda tentang adanya hewan naga menyerupai monster di pulau tersebut. Steyn lantas membunuh salah satu komodo tersebut dan membawa dokumentasinya ke Museum and Botanical Garden di Bogor untuk diteliti.
Hasil pemotretan komodo tersebut dipublikasikan oleh sebuah harian nasional Hindia Belanda pada tahun 1912. Publikasi ini membuat Pulau Komodo mulai ramai dikunjungi, baik oleh para peneliti, misionaris, maupun wisatawan. Menyadari akan keistimewaan komodo sebagai binatang langka, pada tahun 1915 pemerintah kolonial Belanda mengeluarkan peraturan proteksi terhadap binatang ini dari perburuan dan pembunuhan.
Sesuai dengan namanya, Pulau Komodo adalah sebuah pulau yang dikenal sebagai habitat asli hewan komodo (Varanus komodoensis), oleh penduduk setempat, hewan ini disebut Ora. Hingga kini, hewan komodo menjadi kebanggaan karena menjadi sumber pendapatan penduduk lokal dari para wisatawan yang berkunjung ke pulau yang berpenduduk kurang lebih 4.000 jiwa ini.

Komodo Di Mata Dunia Sebagai New 7 Wonders
Komodo Island
Pulau Komodo terletak di wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Pulau itu menjadi tempat hidup hewan komodo. Pemandangan alam di pulau ini sangat indah. Tak heran bila pulau ini sering dikunjungi wisatawan.
Para wisatawan, baik lokal dan mancanegara, sering berkunjung ke Pulau Komodo. Terlebih bagi wisatawan yang memang gemar bertualang di tempat terbuka. Dikabarkan, ada sekitar 2.800 wisatawan yang berkunjung dari awal tahun hingga bulan Juni. Kebanyakan dari mereka berasal dari luar negeri. Antara lain dari Amerika Serikat, Jerman, Belanda, Prancis, Inggris, Australia, dan Rusia.
Keindahan alam Pulau Komodo tercermin dari kondisi hutan yang asri. Termasuk juga hutan bakaunya. Hutan bakau menjadi salah satu keistimewaan Pulau Komodo. Mengapa demikian? Sebab hutan itu tetap terlihat hijau meski musim kemarau tiba.
Keindahan panorama alam Pulau Komodo, juga terlihat di daerah pesisir pantai dan lautnya. Kondisi air laut di perairan Pulau Komodo, jernih. Keindahan biota di laut juga tak kalah memukaunya dengan panorama darat.
Nah, agar kelestarian pulau itu tetap terjaga, Pemerintah Indonesia menjadikannya taman nasional. Peresmiannya dilakukan pada tahun 1980. Nama taman nasional itu adalah Taman Nasional Komodo (TNK). Untuk diketahui, selain Pulau Komodo, wilayah TNK juga meliputi Pulau Rinca dan Pulau Padar.
Luas wilayah TNK sekitar 1817 kilometer persegi. Taman nasional ini berfungsi untuk melindungi hewan komodo beserta lingkungan hidupnya. Pada tahun 1986, TNK diresmikan oleh UNESCO sebagai Situs Warisan Dunia.
Selain komodo, pulau ini juga menyimpan eksotisme flora yang beragam kayu sepang yang oleh warga sekitar digunakan sebagi obat dan bahan pewarna pakaian, pohon nitak ini atau sterculia oblongata di yakini berguna sebagai obat dan bijinya gurih dan enak seperti kacang polong.

Selain itu terdapat 36 situs penyelaman di dalam kawasan TN. Komodo. Yang sering dikunjungi oleh wisatawan mancanegara untuk menyelam dan snorkeling yakni: Pulau Tatawa, Pantai Merah, Gililawa Laut, Loh Dasami, Pillar Steen, Batu Bolong dan Taka Makasar.

Komodo atau yang selengkapnya disebut biawak komodo (Varanus komodoensis), adalah spesies kadal terbesar di dunia yang hidup di Pulau Komodo, Rinca, Flores, Gili Motang, dan Gili Dasami di Nusa Tenggara. Biawak ini oleh penduduk asli Pulau Komodo juga disebut dengan nama setempat Ora.

Termasuk anggota famili biawak Varanidae, dan klad Toxicofera, komodo merupakan kadal terbesar di dunia, dengan rata-rata panjang 2-3 m. Ukurannya yang besar ini berhubungan dengan gejala gigantisme pulau, yakni kecenderungan meraksasanya tubuh hewan-hewan tertentu yang hidup di pulau kecil terkait dengan tidak adanya mamalia karnivora di pulau tempat hidup komodo, dan laju metabolisme komodo yang kecil. Karena besar tubuhnya, kadal ini menduduki posisi predator puncak yang mendominasi ekosistem tempatnya hidup.

Habitat komodo di alam bebas telah menyusut akibat aktivitas manusia dan karenanya IUCN (International Union for Conservation of Nature) memasukkan komodo sebagai spesies yang rentan terhadap kepunahan. Biawak besar ini kini dilindungi di bawah peraturan pemerintah Indonesia dan sebuah taman nasional, yaitu Taman Nasional Komodo, didirikan untuk melindungi mereka.

Posisi Komodo (Varanus komodoensis), penghuni Taman Nasional Komodo di ujung barat Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT) semakin kuat dalam persaingan memperebutkan salah satu dari tujuh keajaiban dunia baru. “Posisi Komodo sekarang sangat kuat, bahkan pekan lalu sempat berada pada posisi pertama,” kata Kepala Bidang Promosi Pariwisata Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi NTT, Ulbadus Gogi di Kupang,  Ia mengatakan hal ini ketika ditanya posisi terakhir Komodo, biawak raksasa penghuni Taman Nasional Komodo itu dalam memperebutkan posisi sebagai salah satu dari tujuh keajaiban dunia baru atau New 7 Wonders of Nature.
Gogi mengatakan sejak diumumkan 21 Juli 2009 bahwa Komodo masuk sebagai salah satu finalis dari 28 finalis yang berhak melanjutkan ke tahap final setelah menyisihkan kurang lebih 440 nominasi dari 220 negara, pemerintah terus melakukan sosialisasi untuk meminta dukungan.
Permintaan dukungan ini tidak hanya kepada rakyat NTT, tetapi juga kepada seluruh masyarakat Indonesia, karena masuknya binatang purba dalam tujuh keajaiban dunia tidak hanya memberi dampak bagi masyarakat di provinsi kepulauan itu, tetapi untuk Indonesia secara keseluruhan.

Berdasarkan situs resmi tujuh keajaiban dunia, ada 28 finalis. Selain komodo, antara lain, yaitu Galapagos, Amazon, Angel Falls, Maladewa, Jeju Island, sungai bawah tanah Puerto Princesa, Laut Mati, Grand Canyon, dan Kilimanjaro.
Komodo masuk kategori hewan langka dan endemik Flores. Komodo sudah menjadi milik warga ASEAN. Jika Komodo masuk kategori salah satu dari tujuh keajaiban dunia, Indonesia dan ASEAN akan diuntungkan.
  
Dukung Pulau Komodo Menjadi New 7 Wonders

Kepada warga Indonesia, mari kita dukung Pulau Komodo menjadi bagian dari the new seven wonder dengan melakukan vote di situs www.vote7.com/n7w.
Sebagai aset pariwisata Indonesia yang sangat berharga, mari kita dukung Pulau Komodo sebagai salah satu calon 7 Keajaiban Dunia yang baru. Jadikan Pulau Komodo menjadi ikon baru Indonesia dalam dunia pariwisata setelah Candi Borobudur lengser dari 7 Keajaiban Baru yang terdahulu. Karena pemilihan ini adalah murni voting secara online, seharusnya pemerintah Indonesia memanfaatkan jumlah penduduk Indonesia yang mencapai 220 juta penduduk ini untuk memilih secara online. Pemerintah Indonesia seharusnya bisa mencontoh pemerintah Brazil yang memberikan akses internet gratis kepada penduduknya selama periode pemilihan 7 Keajaiban Dunia Baru guna mendukung salah satu calon yang dimiliki Brazil, yaitu Patung Jesus di Rio de janeiro. Bahkan, mungkin saja, karena strategi tersebut, bukan hal yang mustahil bagi Patung Jesus (Brazil) berhasil terpilih sebagai new7wonders of the world di pemilihan sebelumnya yg sudah di deklarasikan di Lisbon(portugal) ada tanggal 07 juli 2007.untuk lihat para new7wonders of the world klik: http://www.vote7.com/n7w/world

Jadikan kebanggan bangsa Indonesia menjadi kebanggaan dunia.
JADIKANLAH INDONESIA KEMBALI BERJAYA DENGAN MENDUKUNG PULAU KOMODO SEBAGAI BAGIAN DARI THE NEW SEVEN WONDERS !
DENGAN MENJADIKAN PULAU KOMODO SEBAGAI BAGIAN DARI THE NEW SEVEN WONDER, KITA TELAH MEMBANGKITKAN JATI DIRI BANGSA DI
Terimakasih anda telah berpartisipasi dalam upaya menjadikan pulau komodo sebagai the new seven wonder.

KESIMPULAN
           
Pulau Komodo adalah salah satu budaya warisan dunia yang harus kita jaga, lindungi & lestarikan karena itu adalah aset bagi pariwisata Indonesia,, jika orang lain mampu memberikan penghargaan buat Komodo kenapa kita sebagai masyarakat tidak bisa... karena budaya adalah bagian dari kehidupan masyarakat Indonesia. semoga kita sebagai pemuda pemudi bangsa Indonesia bisa membuktikan kecintaan kita terhadap Indonesia dengan mengikutsertakan diri dalam memilih pulau komodo sebagai 7 keajaiban di dunia :)
Komodo
Ingin bantu untuk vote pulau komodo??? silakan klik disini untuk info lebih lanjut 

Tema : Manusia & Keindahan

0 comments:

Post a Comment

Mau Tukar Link? Copy/paste code HTML berikut ke blog anda